9 Maret 2011

Info Kesehatan: Obat Jantung Mengurangi Resiko Demensia

Baru-baru ini dirilis info, ternyata obat jantung untuk mengatasi kelainan detak jantung yang biasa di sebut Atrial Fibrillation (AF)bisa menurunkan resiko demensia (pikun, kelainan otak-pen). Para ahli di Inggris mempercayai hal ini. demensia sendiri adalah penyakit yang kerap menyerang penderita stroke dan manula (manusia lanjut usia).

Munurut sumber penelitian, hampir 50.000 pasien beresiko dua kali lipat terkena demensia setelah mengalami stroke akibat AF. Kalangan dokter di Amerika mengatakan bahwa sekarang harus diselidiki pengobatan yang lebih bagus untuk mencegah AF atau menunda terjadinya demensia atau kepikunan.

Atrial fibrillation (AF) merupakan gangguan irama jantung yang paling umum dan mempengaruhi hingga 500.000 orang di Inggris. Meskipun biasanya tidak mengancam hidup penderita, hal ini meningkatkan risiko stroke. Tentunya, obat jantung untuk memperbaiki irama jantung sering diresepkan untuk mengurangi resiko stroke.

Kini para ahli di University of East Anglia di Inggris percaya manajemen ketat AF mungkin juga menawarkan beberapa perlindungan terhadap demensia. Mereka terus mengadakan penelitian mengnai perkembangan demensia. Dengan menganalisis 15 studi terpisah mereka menemukan bahwa penderita stroke dengan AF adalah 2,4 kali lebih beresiko terkena demensia dibandingkan penderita stroke yang tidak memiliki kelainan kondisi jantung. Sekitar seperempat pasien dengan Atrial fibrillation (AF) stroke dan ditemukan terkena demensia dikemudian hari.

Peneliti utama Dr Phyo Kyaw mengatakan: "Hasil ini mungkin bisa membantu kami mengidentifikasi pengobatan potensial yang dapat membantu menunda atau bahkan mencegah timbulnya demensia. Pilihan dapat mencakup manajemen yang lebih ketat faktor risiko kardiovaskular atau AF, terutama pada penderita stroke."

Rebecca Wood dari Alzheimer's Research UK mengatakan: "Walaupun tulisan ini menunjukkan ada hubungan antara Atrial fibrillation (AF) dan demensia, kita belum tahu apakah mengobati Atrial fibrillation (AF) akan mencegah atau menunda timbulnya demensia.

"Penelitian lebih lanjut akan memberi kita jawaban yang kita sangat membutuhkan."

Tidak ada komentar: