23 Maret 2011

Membangun Blog; Konsistensi, Originalitas, dan Budaya Copy paste

Banyak alasan mengapa orang menggeluti dunia blogging. Sekedar menyalurkan hobi, menulis, dan berbagi informasi, bahkan yang paling trend sekarang ini, mencari duit lewat blog. Awalnya saya memasuki dunia blogging karena ingin menulis dan berbagi informasi. Walaupun, saya juga sangat tertarik untuk 'berbisnis' karena peluang yang masih terbuka. 'Berbisnis' saya anggap sebagai pekerjaan sampingan karena bagaimana pun menulis dan berbagi informasi adalah tujuan awal saya. Kalau toh dapat duit, Alhamdulillah, mungkin itu barokah.

Pengalaman pribadi, membangun blog adalah bagian hal tersulit. Butuh konsistensi dan waktu yang cukup lama. Selain itu, originalitas blog adalah hal terpenting menurut saya. Kenapa? Masalah terbesar blogger adalah penyakit co-pas (copy paste) sehingga sulit menjaga originalitas blog, termasuk saya sendiri. Sudah menjadi rahasia umum 'budaya' co-pas (copy paste) berkembang dengan pesat di dunia blogger. Inspirasi yang kadang tidak muncul serta minimnya kreativitas menjadi sebab utama kenapa banyak blogger memilih jalan pintas dengan co-pas (copy paste). Selain itu, bukan pekerjaan mudah mengajak orang membaca postingan yang kita buat terlebih membuat postingan yang menarik, tidak semua blogger mampu melakukannya. Akibatnya, banyak blog yang berisi saduran dari website lain, ada yang diedit terlebih dahulu, yang parah adalah 100% co-pas (copy paste). Tapi, di kalangan blogger hal ini masih bisa ditolerir sepanjang mencantumkan sumber beserta linknya di postingan.

Terlepas dari problem di atas, menggeluti dunia blogging sangat besar manfaatnya. Menurut penulis, dibandingkan facebook, twitter, atau situs jejaring sosial lainnya blogging adalah media yang jauh lebih mendidik. Saya yakin sebagian besar orang merasa blogging adalah pekerjaan yang membosankan, tidak jarang ada teman yang mengeluh seperti itu. Penyakit 'bosan' juga pernah menggerogoti, pernah blog saya 'ambruk' mencapai titik nadir. Akhir 2009 dan sepanjang tahun 2010, saya tinggalkan dunia blogging. Alhamdulillah, akhir 2010 saya kembali aktif.

Pernah saya membuat postingan Suka Duka Blogger Amatiran, di tahun 2009. Saat itu lebih banyak duka-nya dibanding suka. Mungkin menjadi alasan kenapa saat itu saya cenderung mem-posting artikel yang berisi Motivasi. Tujuannya, saya bisa termotivasi untuk bertahan. Walaupun, saya pikir usaha itu gagal karena terbukti saya vakum cukup lama setelah menulis artikel tersebut. Toh, saya sudah kembali dan aktif lagi di dunia blogging. Semoga ke depannya bisa tetap konsisten dan termotivasi. Dukungan dari teman-teman blogger menjadi hal yang tak ternilai harganya. Meminjam istilah HMI, Yakin Usaha Sampai

5 komentar:

media update mengatakan...

setuju tentang ulasan anda semoga sukses

Sang Pelangi mengatakan...

Nice article, nice blog ...

Kasim Muhammad mengatakan...

media update: Terima kasih. sukses...:D

Kasim Muhammad mengatakan...

sang pelangi:...:)

buram mengatakan...

Salam kenal, salut saya ucapkan kepada para blogger yang bisa menulis artikel yang "orisinil",karena untuk melakukan hal ini diperlukan pengorbanan, terutama waktu yang tidak sedikit.