5 Mei 2009

Manfaat Mempunyai Usaha Eendiri

Banyak suka duka membuka usaha sendiri. Apalagi dengan modal pas-pasan. Tapi membuka usaha adalah merupakan pilihan yang memberikan prestise tersendiri terlebih dari sisi mental dan keuangan. Tapi seperti halnya di kebanyakan daerah, orang masih takut untuk membuka usaha atau memulai usaha. Menurut saya, Keengganan seseorang untuk membuka usaha disebabkan oleh ketakutan akan resiko usaha yang dijalaninya. Memang dibutuhkan sikap mental untuk merintis suatu usaha. Salah satunya adalah tidak takut dengan resiko yang ada karena semua usaha, apa pun itu pasti punya resiko. Oleh karena itu, saya mencoba menyajikan panduan yang sedianya dapat membantu anda dan menggugah anda untuk menjadi seorang wirausaha. Saya berharap, setelah anda membaca kiat yang saya berikan, anda terdorong untuk membuka usaha sendiri.

Manfaat merintis usaha
Apa sih keuntungan membuka usaha sendiri? Saya akan paparkan keuntungan apa saja yang bisa anda peroleh dengan membuka usaha sendiri.

1.Potensi penghasilan Unlimited (Tidak terbatas)
Dalam berwirausaha, pasti paling banyak orang yang tertarik. Semua orang ingin mendapatkan penghasilan lebih. Perlu diketahui bahwa, membuka usaha sangat jauh berbeda jika anda bekerja untuk orang lain. Misalnya anda sebagai karyawan, penghasilan anda adalah gaji anda serta tunjangan kalau ada. Dimana gaji anda sudah dipatok oleh bos anda si pemilik perusahaan. Tidak ada pilihan lain keculai menerima putusan si bos. Mungkin ada kenaikan gaji kalau anda amempunyai perestasi lebih, itu pun kalau bos anda setuju. Berapaun keuntungan perusahaan gaji anda tidak akan berubah. Bandingkan jika anda membuat usaha sendiri. Anda adalah bosnya, penghasilan anda ditentukan bagaimana kinerja anda. Sangat memungkinkan penghasilan anda tingi-tidak terbatas

2.Bebas berkretivitas
Jika membuka usaha sendiri akan terlihat sejauh mana kemampuan anda. Misalnya dalam menjual, bernegosiasi, dan lain sebagainya. Anda akan bebas menjalankan usaha dengan ide kreatif anda sendiri tanpa batasan yang mungkin anda temui jika anda bekerja untuk orang lain. Semangat kerja akan berlipat jika usaha yang dijalankan adalah usaha anda sendiri.

3.Pembentukan sikap mental mandiri
Maksud saya adalah, ketika anda dihadapkan pada masalah usaha yang anda rintis, maka anda sebagai bos tentunya harus membuat keputusan yang tepat. Pada situasi ini tidak ada orang yang dapat kita andalkan selain diri anda sendiri karena anda adalah bosnya. Hal seperti ini akan membentuk mental andfa menjadi mental dewasa dan mandiri. Ini sangat penting dalam berwirausaha.

4.Bebas mengatur waktu kerja
Dengan menjadi karyawan, anda sebenarnya telah bertransaksi dengan tempat anda bekerja, yaitu transaksi jual beli. Anda menjua waktu dan kemampuan anda kepada perusahaan dan imbalan yang anda dapat adalah gaji anda. Bandingkan dengan mempunyai usaha sendiri, anda adalah bos, tentunya anda bebas menentukan waktu kapan anda bekerja karena andalah pemegang kendali usaha anda. Andapun bebas mengatur ritme kerja anda.

5.kepuasan dan keberhasilan
banyak pengusaha sukses pada awalnya terdorong untuk membuka usaha karena kepuasan jika telah menghasilkan sesuatu. Yah, akan muncul rasa puas yang luar biasa apabila usaha yang kita rintis bisa amenghasilkan sesuatu. Tentunya ini menjadi motivasi tersendiri bagi pengusaha untuk terus berusaha menjadi yang terbaik.

2 komentar:

yudi nurahmad mengatakan...

good artikel, i like it, i just want to say "t.o.p.b.g.t"

A.Hadi purnomo Sucitra mengatakan...

i say B.U.N.R.U