8 Oktober 2011

[Hampir] Tidak Ujian Seminar

Pagi kemarin saya ujian seminar skripsi I di ruang seminar fakultas. Bersama 4 teman lainnya, kami mempresentasikan rencana maupun hasil penelitian kami. Saya sendiri hanya memaparkan rencana penelitian. Seminar tersebut berlangsung kurang lebih 2 jam lamany

Rasa berkecamuk menyelimuti saya. Tahu-tahu saya tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dosen. Namun, saya cukup beruntung karena pertanyaahn yang diajukan ke saya sedikit saja, hanya beberapa saran untuk kelanjutan penelitian.

Sehari sebelumnya, saya memposting status di facebook. Redaksinya begini, "Ujian seminar itu kayak nembak cewek, butuh nyali dan sedikit ketampanan". Entah darimana saya menemukan hipotesis yang sedemikian absurd. Mungkin karena saya terlalu tegang, entahlah. Namun yang pasti, sehari sebelum ujian seminar saya benar-benar galau. Sampai-sampai tidak tidur semalaman. Norak yah...!

Sebenarnya saya berharap menemukan feel ujian seminar. Nyatanya tidak. Kenapa? Dosen pembimbing saya telat datang dan menurut peraturan, mahasiswa peserta seminar tidak dapat mempresentasikan hasil maupun rencana penelitiannya jika dosen pembimbing tidak hadir. Beliau datang tepat jam 11 siang dan ujian seminar ditutup pada pukul 11.19. Nah, apa yang saya rasakan? Tidak ada apa-apa.

Pembimbing telat datang, dan seminar dimulai pada pukul 09.00. Jadi, selama 2 jam saya hanya mangut-mangut, memasang muka tampan seolah tidak tegang. Sesekali melempar senyum sambil mengelus jenggot seolah cerdas. Iya, saya memang seolah namun absurd. Entah apa istilah yang tepat untuk itu.

Terlepas dari itu semua, saya cukup bersyukur. Satu tantangan terlewati, saatnya menatap optimis ke depan. Saya sudah kebelet sarjana, apalagi orang tua. Tiap bulan mereka bertanya, "jadi Kasim, kapan wisuda?".
Yah, mudah-mudahan saja setelah sarjana, saya langsung ditanya, "jadi Kasim, kapan mau nikah?". kalau pertanyaannya kayak gitu, dengan mantap akan saya jawab, "Secepatnya, bahkan sekarang juga boleh..?". haha...!!! 

Tidak ada komentar: