4 Oktober 2011

Kasim, Semoga Sukses Kawan...!!!

Jika tidak ada aral melintang, Jumat (07/10/11) saya akan ujian skripsi I. Bersama 4 orang teman, proposal skripsi yang kami ajukan akan dinilai kelayakannya. Biasanya, beberapa dosen akan datang kemudian menanyakan apa saja yang mereka anggap bermasalah. Kami sebagai mahasiswa yang diuji harus bisa menjawab serta menjelaskan setiap pertanyaan yang diajukan doesen kami. Tidak jarang terjadi "pembantaian" akademik, terutama jika persiapan tidak maksimal.

Saya sendiri, seminar skripsi merupakan pengalaman pertama yang cukup menegangkan. Sebenarnya saya sudah sedikit basi jadi mahasiswa, yah sebentar lagi jadi sampah. Terhitung sejak tahun 2006, saya sudah 5 tahun 2 bulan kuliah di UNHAS. Sebagian besar teman seangkatan saya telah meraih titel sarjana. Bahkan beberapa di antara mereka sudah bergelar apoteker. Dalam banyak hal, mereka adalah orang-orang yang beruntung, saya sendiri hanya bisa digambarkan dengan satu kata: TRAGIS...!!!

Kembali ke seminar skripsi. Saat ini saya sedang sibuk-sibuknya menyebar undangan untuk para dosen. Sudah seharian saya naik turun, lantai 1 ke lantai 4, sampai berkali-kali. Parahnya, lift sedang direnovasi. Untungnya, semangat saya jauh lebih besar ketimbang tekanan naik tangga manual. Alhamdulillah, sebagian besar undangan sudah terbagi.

Masalah terbesar saya sebenarnya adalah persiapan serta penguasaan materi proposal skripsi. Waktu saya habis untuk persiapan pra-seminar, misalnya antar undangan dan mengurus berkas seminar. Jadinya, waktu yang saya gunakan untuk belajar kian menipis. Nah, inilah persoalan utamanya. Otak saya buntu kawan, sebuntu-buntunya. 

Terlepas dari semua masalah serta kondisi saya saat ini, saya tetap harus menatap optimis momentum seminar skripsi. Saya teringat dengan pesan seorang senior, "jangan pernah takut! Ingat, sekiranya kambing masuk ke ruangan seminar/sidang, maka yang keluar adalah kambing plus S.Si". Tapi kambingnya tewas dan yang keluar tinggallah nama hahaha...

Kasim, semoga sukses kawan...!!!

Tidak ada komentar: